Bank Soal Ujian Sekolah Menyediakan contoh Soal, Kisi-kisi, Soal latihan, Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Sekolah Madrasah (US/M), Ujian Praktek, Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), SBMPTN untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Format Docx dna PDF Gratis Lengkap dengan Kunci Jawaban Pembahasan.
Home » , , » Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban ini dipublikasikan oleh Ibu Wina pada hari dan tanggal Sabtu, April 13, 2019 yang termasuk kedalam kategori : Bahasa Indonesia, Bank Soal, SMA/SMK/MA.

Soal USBN PAI dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA, MA. SMK dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban

Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Bahasa Indonesia Kelas 12 jenjang SMA, MA dan SMK kali ini kami bagikan secara Gratis untuk Adik-adik dimanapun berada yang akan melaksanakan kegiatan USBN sebagai ujian terakhir menjelang dilaksanakannya Ujian Nasional (UNKP-UNBK) dan merupakan salah satu penyumbang nilai untuk dijadikan Nilai Akhir atau Nilai Kelulusan.

Soal USBN Bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 ini kami susun dari Materi yang diberikan Guru di setiap Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas bersumber dari Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dari Kemdikbud dicampur dengan Soal Ulangan Harian dan Ulangan Tengah Semester (UTS). Dengan begitu ini bisa juga digunakan untuk kebutuhan Ulangan harian, Ujian tengah Semester (UTS), Remedial, Ujian Akhir Semester (UAS) semester 1, Penilaian Akhir Semester 1 (PAS).

Adapun Sekilas bentuk dari Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban ini sebagai berikut ;

1. Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecual dunia bisnis. Majalah terkenal mereka seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau tingkat keuntungan, iklim kompetisi yang semakin kuat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.
Gagasan utama paragraf di atas adalah … .
A. Keadaan apa pun bisa dibuat peringkat
B. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
C. Bangsa Amerika suka membuat peringkat
D. Kegiatan bisnis majalah Fortune dan US News
E. Pembuatan peringkat dipegaruhi beberapa faktor

2. Cermati tajuk rencana di bawah ini
Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. Tanpa pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini.Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadapsesuatu yang baru.
Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah …
A. Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena pelajar memiliki pergaulan yang salah.
B. Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena mereka memiliki rasa penasaran terhadap barang yang baru.
C. Buktinya banyaknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang adalah ditangkapnya siswa yang sedang berpesta sabu-sabu.
D. Petugas menangkap siswa yang sedang berpesta sabu-sabu diadakan di sebuah apartemen mewah di sebuah kota besar.
E. Orang tua seharusnya ikut mengawasi anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam dunia narkoba dan obat-obatan terlarang.

3. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini
Kurtipan 1
Ingin rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bialng “Enggak begitu bodoh!” Tetapi mamah sudah melarangku mengatakan itu lagi. Katanya anak baik tidak boleh berkata kasar. 
Kutipan 2
“Ah mau tak mau,iIa harus pergi ke warung ibu Rustam’. Ia tak mau menolak permintaan ibunya. Warung itu beranjak dua rumah dari rumah Abah. Tanpa terasa Difa telah berada di depan gang. Siang itu tampak sepi. Mungkin anak-anak di blok II belum datang.
Persamaan unsur intrinsik kedua teks tersebut adalah....
A. Menceritaka tokoh yang jelas
B. Banyak tokoh yang ada di dalam teks cerpen
C. Pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat
D. Latar kedua tokoh berada di keluarga berada
E. Hasil pekerjaanctokoh cerita sangat beraT


4. Novel ayat-Ayat Cinta yang ditulis oleh seorang novelis sekaligus sarjana lulusan Universitas Al Azhar, Habiburrahman El Shirazy ,adalah sebuah novel roman islami yang menyajikan nilai-nilai ajaran islam dengan gaya artistik yang sangat berbeda dengan novel islami yang selama ini telah banyak dihasilkan. Banyak hal lain yang mungkin dapat temukan dalam novel ini. Karena begitu banyah nilai-nilai yang bermanfaat yang dapat kita gali dari novel ini, baik dari segi nilai-nilai ajaran agama, khususnya islam,hubungan sosial dan budaya,juga masalah percintaan dalam kehidupan kawula muda pada khususnya.Novel ini dapat dikatakan tidak hannya sekedar novel cinta(sepertitegambar dalam judul) ,tetapi juga dapat dikatakan sebagai sebuah novel religi dan juga novel budaya.
Kalimat yang berupa keunggulan novel untuk ditulis dalam resensi adalah....
A. Novel Ayat-Ayat Cinta yang ditulis oleh seorang novelis sekaligus sarjana lulusan Universitas Al Azhar,Habiburrahman El Shirazy
B. Banyak hal lain yang mungkin dapat pembaca temukan dalam novel ini karena begitu banyak hiburan masyarakat
C. Seperti novel yang lainnya, di sini juga digali nilai-nilai ajaran agama, khususnya aslam , hubungan sosial, dan budaya
D. Ayat-Ayat Cinta sebuah novel roman islami yang menyajikan nilai-nilai ajaran islam dengan gaya artisik yang sangat berbeda.
E. Dalam novel ini juga disajikan masalah percintaan dalam kehidupan kawula muda, namun tidak hanya sebagai sebuah novel cinta


5. (1) Indahnya objek wisata Pangandaran yang terletak di Jawa Barat. (2) Berpantai landai, sesekali diterpa ombak yang berkejaran gulung-menggulung. (3) Objek ini banyak diminati wisatawan lokal dan mancanegara. (4) Alamnya diperindah oleh hutan di sekitarnya dan beberapa gua.(5) Di hutan itu berkeliaran monyet jinak menyongsong wisatawan yang datang sembari meminta makanan , laksana Ubud dan Sangeh di Pulau Bali. Kalimat sumbang dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat ....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E.(5)

6. Cermati teks di bawah ini.
1. Dicek kesehatannya oleh dokter
2. Mengantre beberapa saat
3. Datangi puskesmas, lalu mendaftar dengan membayar beaya pendaftaran Rp. 10.000,00, lalu katakan maksud atau tujuan Anda
4. Dinyatakan sehat dan diberi surat keterangan sehat
5. Petugas pendaftaran akan meminta KTP untuk pencatatan identitas dan memberi nomor antrean
6. Dipanggil berdasarkan nomor antrean untuk diperiksa tinggi badan, berat badab ,dan tensi darah
7. Mengantre kembali untuk dicek kesehatannya oleh dokter
Teks tersebut apabila diurutkan akan menjadi langkah sebuah prosedur. Prosedur yang dimaksud adalah....
A.1 – 3 – 5 – 7 – 6 – 2 – 4
B.  3 – 2 – 5 – 6 – 7 – 1 – 4
C. 3 – 5 – 2 – 6 – 7 – 1 – 4
D. 3 – 5 – 6 – 7 – 1 – 2 – 4
E. 3 – 5 – 2 – 6 – 7 – 4 – 1

7. Antrean transaksi di gerbang tol terus terjadi walaupun jumlah kendaraan bertambah terus. Selain itu, meminimalakan antrean tersebut, PT Jasa Marga akan membuka semua gerbangtol siang malam. Oleh sebab itu, PT Jasa Marga akan menginstruksikan para petugas gerbang tol untuk menjemput bola transaksi tol jika tindakan ini kurang pantas. PT Jasa Marga mengakui bahwa upaya meniadakan antrean di jalan tol tersebut belum maksimal.
A. Sebab, sampai, oleh karena itu, kalau
B. Sehingga, kemdian, jadi, jikalau
C. Karena , sampai, untuk itu. Sehingga
D. Karena, untuk, selain itu, walaupun
E. Jika, untuk, maka dari itu, jikalau

8. Para mantan hakim agung yang masih menghuni rumah dinas diminta segera mengosongkan rumah dinas. Mereka dinilai tidak lagi memiliki hak untuk meninggali rumah tersebut. Permintaan itu disampaikan langsung oleh wakil ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial H. Arifin A.Tumpa. Tanggapan yang logis terhadap paragraf tersebut adalah …
A. Para mantan pejabat itu mungkin merasa sudah memiliki rumah itu.
B. Pejabat yang sudah pensiun memang seharusnya tidak lagi menempati rumah dinas.
C. Tanpa diminta seharusnya mereka keluar sendiri ehingga akan diberi santunan.
D. Ternyata banyak pejabat yang tidak tahu diri dan bertindak tidak manusiawi.
E. Mungkin mereka malu kalau harus keluar dari rumah dinas dengan tangan hampa.

9. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Tristan Bernard seorang yang kaya raya. Ia terkanal sebagai seorang dermawan yang royal. Para pengemis tahu bahwa ia adalah sasaran yang mudah. Ada seorang laki-laki yang biasa meminta-minta depan pintu rumahnya. Suatu pagi di bulan juli, ia melihat pengemis itu di tempat biasanya dan ia memberikan uang dalam jumlah yang besar sambil berkata, “ Besok aku aku pergi ke Normandia, ini uang untukmu selama dua bulan. Kau juga berhak untuk berlibur.
Unsur lucu atau konyol dalam teks anekdot tersebut adalah....
A. Tristan Bernard tetep royal meskipun dijadikan sasaran oleh pengemis
B. Tristan Bernard berpamitan kepada pengemis saat hendak berlibur ke Normandia
C. Tristan Bernart memberikan uang dalam jumlah yang besar kepada pengemis
D. Tristan Bernard memberikan hak dan uang pada pengemis untuk berlibur dari aktivitasnya sebagai pengemis di rumahnya

E. Tristan Bernard meminta pengemis
10. Cermati silogisme di bawah ini.
Premis Umum : Siswa SMA Nusa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi
Premis Khusus : Anita siswa SMA Nusa
Kesimpulan : Anita mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi Kalimat entimen yang tepat dari silogisme tersebut adalah....
A. Anita adalah siswa SMA Nusa karena ia selalu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi.
B. Anita mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi karena ia siswa SMA Nusa
C. Karena Anita selalu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi, maka Anita adalah siswa SMA Nusa.
D. Karena Anita adalah siswa SMA Nusa maka ia selalu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi
E. Anita adalah siswa SMA Nusa karena siswa SMA Nusa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi

Itu hanya beberapa dari 50 Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA, MA. SMK dan 5 Soal Essay berikut dengan Kunci Jawabannya.

Semua file yang dibagikan Bank Soal Ujian disimpan rapih di Google Drive, Slide Share, Dropbox, dalam bentuk PDF, Word dan Excel supaya nanti lebih mudah dalam proses Download Soal-Soal Ujian dan Aman untuk disimpan di Smartphone, Laptop, Notebook atau Komputer.

Download Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban

Selengkapnya mengenai Isi dari File dan Berkas Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA, MA. SMK dengan Kunci Jawaban dalam bentuk lengkapnya bisa didapatkan untuk latihan Soal USBN, Kisi-Kisi USBN, Persiapan menjelang USBN bisa di Klik melalui tautan link dibawah ini ;
Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban
Demikianlah kiranya berbagi informasi dan file mengenai Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban, semoga bermamfaat.

Rekomendasi Lainnya
1 kali dibagikan tidak merugikan anda
Thanks for reading Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar: