Bank Soal Ujian Sekolah Menyediakan contoh Soal, Kisi-kisi, Soal latihan, Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Sekolah Madrasah (US/M), Ujian Praktek, Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), SBMPTN untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Format Docx dna PDF Gratis Lengkap dengan Kunci Jawaban Pembahasan.
Home » , , , » Soal USBN Sosiologi Kelas 12 K13 dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Sosiologi Kelas 12 K13 dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Sosiologi Kelas 12 K13 dengan Kunci Jawaban ini dipublikasikan oleh Ibu Wina pada hari dan tanggal Sabtu, April 13, 2019 yang termasuk kedalam kategori : Bank Soal, Kurikulum 2013 Revisi, SMA/SMK/MA, Sosiologi.

Soal USBN Sosiologi Kelas 12 K13 dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 dengan Kunci Jawaban

Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sosiologi Kelas 12 jenjang SMA dan MA kali ini kami bagikan secara Gratis untuk Adik-adik dimanapun berada yang akan melaksanakan kegiatan USBN sebagai ujian terakhir menjelang dilaksanakannya Ujian Nasional (UNKP-UNBK) dan merupakan salah satu penyumbang nilai untuk dijadikan Nilai Akhir atau Nilai Kelulusan.

Soal USBN Fisika kelas 12 Kurikulum 2013 ini kami susun dari Materi yang diberikan Guru di setiap Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas bersumber dari Buku Guru dan Siswa Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dari Kemdikbud dicampur dengan Soal Ulangan Harian dan Ulangan Tengah Semester (UTS). Dengan begitu ini bisa juga digunakan untuk kebutuhan Ulangan harian, Ujian tengah Semester (UTS), Remedial, Ujian Akhir Semester (UAS) semester 1, Penilaian Akhir Semester 1 (PAS).

Adapun Sekilas bentuk dari Soal USBN Sosiologi Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban ini sebagai berikut ;

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Perhatikan beberapa pernyataan berikut :
(1) Penggusuran pemukiman kumuh untuk perbaikan tata ruang kota.
(2) Penemuan kerangka binatang purba jenis mamalia untuk kajian arkeolog.
(3) Minimnya budaya gotong royong dan semangat kekeluargaan di kota.
(4) Konflik sosial akibat perbedaan budaya di masyarakat majemuk.
(5) Pemanfaatan potensi alam dengan menggunakan teknologi tepat guna.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan obyek kajian sosiologi adalah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

2. Sosiologi terapan yang bersifat empiris mampu memberikan gambaran senyatanya permasalahan di masyarakat seperti kemiskinan, perubahan gaya hidup, dan perilaku menyimpang. Kelebihan tersebut berguna dalam memberikan gambaran kondisi sosial sesuai dengan kebutuhan pembangunan, berarti fungsi sosiologi tersebut berada pada tahapan ….
A. perencanaan pemecahan masalah
B. pemberian kesimpulan mendasar
C. pelaksanaan kebijakan publik
D. penelitian organisasi sosial
E. penilaian kinerja birokrasi

3. Suatu organisasi nirlaba yang bergerak pada pemberdayaan masyarakat memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar dapat mengelola sampah rumah tangga dengan baik, dan tidak membuang sampah sembarangan. Tindakan tersebut menunjukkan fungsi nilai sosial, yaitu ….
A. penentu harga sosial di dalam kelompok
B. sebagai pemersatu kelompok tertentu
C. mengarahkan norma di masyarakat
D. solidaritas dalam kelompok sosial
E. pedoman perilaku dan bertindak

4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memberikan ketrampilan dan skill tentang perkembangan IPTEK.
(2) Memahami status dan perannya sebagai anggota masyarakat.
(3) Sebagai dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
(4) Media pertama kali mengenalkan nilai dan norma sosial.
(5) Belajar meniru peran yang dilihatnya di lingkugan terdekatnya.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan penerapan dari tujuan media sosialisasi primer adalah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

5. Sepeninggal ayahnya sejak duduk di bangku SMP, Winda merasa sangat kehilangan sosok lelaki dalam keluarga yang mampu mengayomi dan melindungi. Rasa kehilangan tersebut ternyata mewujud menjadi perilaku yang suka berpacaran dengan lelaki yang jauh lebih tua, bahkan telah beristri. Akhirnya Winda pun terjerumus dalam lembah nista pelacuran.
Dari deskripsi di atas, menunjukkan hubungan antara proses sosialisasi dengan ….
A. dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
B. penyimpangan sosial yang positif.
C. penanaman nilai-norma sosial.
D. penyerapan nilai-nilai budaya menyimpang.
E. penyerapan nilai norma yang tidak sempurna.

6. Sekolah merupakan sarana bagi individu untuk memperoleh transformasi budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan digunakan pada kehidupan di masa depan. Tujuan sosialisasi sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
A. mempertegas integrasi sosial di masyarakat
B. mempelajari norma, nilai, dan budaya bersama
C. mengenalkan kemandirian dan prestasi
D. mempelajari solidaritas sosial di masyarakat
E. membiasakan diri beraktifitas dalam team work

7. Siswa melakukan penelitian tentang fenomena kemiskinan di daerah kumuh Surabaya dengan langsung menuju objek penelitian dengan melakukan pengamatan dan wawancara sehingga diperoleh informasi yang tepat tentang jenis pekerjaan, lama tinggal, partisipasi di masyarakat. Berdasarkan tempatnya , penelitian ini termasuk ...
A. penelitian lapangan
B. penelitian kepustakaan
C. penelitian laboratorium
D. penelitian survei
E. penelitian partisipasi

8. Seorang pemuda yang berasal dari desa merantau ke kota. Berbekal ijazah dari perguruan tinggi di daerahnya, ia berhasil diterima di sebuah perusahaan. Berkat keuletan dan kerja kerasnya, sekarang ia menjadi seorang manajer dan membawahi beberapa karyawan. Stratifikasi sosial sesuai dengan ilustrasi tersebut bersifat terbuka karena ….
A. semua orang dari lapisan sosial apa saja bisa menjadi seorang manajer
B. jabatan manajer bisa diduduki oleh seseorang yang memiliki kompetensi
C. untuk menjadi seorang manajer diperlukan jaringan dan koneksi yang baik
D. kehormatan yang dimiliki seseorang menjadi modal untuk menjadi manajer
E. jabatan manajer merupakan jabatan yang disukai dan difavoritkan banyak orang

9. Seorang peneliti ingin mengkaji tentang pengaruh penggunaan handphone terhadap hasil belajar peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro. Rumusan masalah yang tepat dalam penelitian ini adalah...
A. Bagaimana cara penggunaan handphone dalam belajar peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro ?
B. Bagaimana pengaruh penggunaan handphone terhadap hasil belajar peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro ?
C. Adakah perbedaan penggunaan handphone dengan cara belajar peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro?
D. Apakah ada perbedaan cara belajar peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro ?
E. Seberapa sering penggunaan handphone peserta didik SMA di Kabupaten Bojonegoro?

10. Perhatikan bagan berikut!



Struktur sosial seperti pada bagan di atas memiliki konsekuensi, yaitu ….
A. terjadi potensi konflik antara etnik Batak dan Minangkabau
B. siswa dari etnik Batak mendominasi siswa dari etnik Minangkabau
C. terjadi kesenjangan budaya antara etnik Batak dan etnik Minangkabau
D. terdapat perbedaan budaya antara etnik Batak dengan etnik Minangkabau
E. siswa dari etnik berbeda dapat berlatih tari yang sama di sanggar sekolah

11. Perhatikan tabel produksi padi dalam setahun yang dinyatakan dalam ton!


Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa ....
A. Jawa Timur merupakan daerah penghasil padi.
B. Ngawi merupakan kabupaten yang produktif.
C. Magetan menghasilkan padi paling banyak.
D. Ponorogo banyak terdapat industrialisasi.
E. Madiun sangat sedikit persawahan.

12. Beberapa bagian dari laporan penelitian
(1) Bab pendahuluan
(2) Kesimpulan dan saran
(3) Landasan teori
(4) Penyajian dan pengolahan data
(5) Metodologi penelitian
Sistematikan yang benar dari isi laporan penelitian adalah ....
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 5 – 4 – 2
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 2 – 4 – 3 – 1 – 5
E. 3 – 4 – 2 – 1 – 5

13. Sekolah termasuk ke dalam organisasi/kelompok formal yang anggotanya terdiri dari peserta didik, guru, dan karyawan. Dalam menyelenggarakan kegiatannya, sekolah mengacu pada kurikulum yang berlaku nasional sehingga pesan negara bisa tersampaikan kepada peserta didik. Peran sekolah sebagai kelompok sosial formal adalah ….
A. mendidik putra bangsa agar memiliki wawasaan global sesuai kebutuhan zaman
B. menanamkan pemahaman ideologi bangsa dan kesadaran berbangsa/bernegara
C. menyiapkan generasi penerus yang kreatif dan inovatif di bidang teknologi
D. mengenalkan lagu-lagu patriotisme kepada putra-putra terbaik bangsa
E. menjadikan generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat jiwa raga

14. Perhatikan beberapa contoh konflik berikut!
(1) Konflik antarwarga karena kesalahpahaman
(2) Konflik antarsiswa karena egoisme pribadi
(3) Konflik antaretnik karena perbedaan budaya
Penyelesaian konflik dengan cara mediasi bisa diterapkan pada contoh di atas karena pihak ….
A. ketiga memberikan keputusan yang mengikat pada pihak yang berkonflik
B. ketiga dapat memberikan saran perdamaian kepada pihak yang berkonflik
C. berkonflik meminta bantuan pengadilan untuk menyelesaikan konflik
D. yang kuat mendominasi pihak yang lemah untuk terpaksa mengalah
E. berkonflik dipertemukan oleh pihak ketiga untuk segera berdamai

15. Perhatikan contoh kelompok sosial di bawahini !
(1) Ikatan advokat indonesia
(2) Keluarga besar bani Hasyim
(3) Ikatan guru indonesia
(4) Rukun Warga (RW)
(5) Paguyuban Sepeda Kuno
Yang tergolong bentuk kelompok sosial gemeinschaft ditunjukkan nomor adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Itu hanya beberapa dari 40 Soal USBN Sosiologi Kelas 12 SMA, MA. SMK dan 5 Soal Essay berikut dengan Kunci Jawabannya.

Semua file yang dibagikan Bank Soal Ujian disimpan rapih di Google Drive, Slide Share, Dropbox, dalam bentuk PDF, Word dan Excel supaya nanti lebih mudah dalam proses Download Soal-Soal Ujian dan Aman untuk disimpan di Smartphone, Laptop, Notebook atau Komputer.

Download Soal USBN Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 dengan Kunci Jawaban

Selengkapnya mengenai Isi dari File dan Berkas Soal USBN Fisika Kelas 12 SMA, MA. SMK dengan Kunci Jawaban dalam bentuk lengkapnya bisa didapatkan untuk latihan Soal USBN, Kisi-Kisi USBN, Persiapan menjelang USBN bisa di Klik melalui tautan link dibawah ini ;
Soal USBN Sosiologi Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban
Demikianlah kiranya berbagi informasi dan file mengenai Soal USBN Sosiologi Kelas 12 SMK SMA MA dengan Kunci Jawaban, semoga bermamfaat.

Rekomendasi Lainnya
1 kali dibagikan tidak merugikan anda
Thanks for reading Soal USBN Sosiologi Kelas 12 K13 dengan Kunci Jawaban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar