Bank Soal Ujian Sekolah Menyediakan contoh Soal, Kisi-kisi, Soal latihan, Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Sekolah Madrasah (US/M), Ujian Praktek, Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), SBMPTN untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Format Docx dna PDF Gratis Lengkap dengan Kunci Jawaban Pembahasan.
Home » , , , » Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban ini dipublikasikan oleh Ibu Wina pada hari dan tanggal Sabtu, April 13, 2019 yang termasuk kedalam kategori : Bahasa Indonesia, Bank Soal, Kurikulum 2013 Revisi, SMP/MTs.

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban


Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019

Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) jenjang SMP/MTs tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019 akan Bank Soal Ujian untuk Adik-adik sebagai salah satu persiapan latihan soal supaya nanti bisa dengan mudah menjawab Soal USBN dan mendapatkan Hasil yang memuaskan.

Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban ini disusun dari Materi Pelajaran di Semester 2 bersumber dari Buku Pegangan Guru dan Siswa Bahasa Indoensia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dari Kemdikbud dalam bentuk Buku Eletronik. Tentunya berisi 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative), HOTS (Higher Order Thinking Skill), dan dilengkapi dengan KI1, KI2, KI3, dan KI4 sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018.

Dengan begitu ini pastinya masih bisa digunakan sebagai latihan soal ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester 1, penilaian akhir semester (PAS), ujian kenaikan kelas karena memang bersumber dari Buku Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Contoh Soal Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013

Adapun beberapa contoh soal yang kali ini dibagikan akan ditampilkan dibawah ini sebagai Gambaran saja 

1. Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon jika dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yang ditebang secara asal-asalan akan mempengaruhi ekosistem yang ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Bayangkan saja apabila kila harus membeli oksigen untuk bernafas, berapa biaya yang kita keluarkan? Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Dibentuk
B. Ditukar
C. Digunakan
D. Dihasilkan

2. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut!
Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang tua dan juga siswa SMP seringkali dibingungkan denganpilihan ini.Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harussegera menentukan pilihannya.Kita harus mempertimbangkan Kekurangan dan kelebihan dari masing-masinsebelum kita memilihnya.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah….
A.Siswa SMP kelas 9 bingung Menentukan pilihan masuk SMAatau SMK setelah lulus.
B.Pilian yang Menentukan bagi siswa SMP kelas 9 untuk melanjutkan SMA atau SMK setelah lulus.
C.orang tua siswa SMP yang harus Menentukan pilihan SMA atau SMK bagi anaknya setelah lulus.
D.Siswa SMP kelas 9 harus dapat Menentukan pilihan masuk SMA atau SMK setelah Lulus

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Menyikapi permasalhan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun perlu ditelaah lebih lanjut mengenai kurikulum dari pemerintah yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Tidak dapat dipungkiri juga minat siswa terhadap sastra sangat rendah. Kutipan paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks tanggapan kritis yaitu….
 A.evaluasi
B.deskripsi teks
C.penegasan ulang
D.ringkasan

4. Simak kutipan berikut!
Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan .Tidak peduli seberapa sibuknya Anda,penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari.Selain memberi energi pada tubuh,sarapan juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah….
A.Apa yang dimaksud dengan sarapan?
B.Di mana tempat sarapan yang paling tepat?
C.Mengapa sarapan itu penting?
D.Bagaimanakah sarapan yang tepat itu?

5. Bacalah teks berikut
Bahan makanan yang pertama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ialah sayuran dengan kandungan serat yang berlimpah. Kandungan serat sangatlah baik bagi sistem pencernaan. Hampir semua jenis sayuran mengandung serat dan dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang lancarakan menjauhkan tubuh dari beragam penyakit dan yang utama dapat menjauhkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan
Makna kata metabolisme dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Proses peredaran darah dalam tubuh tanpa proses kimia dan fisika.
B. Pertukaran zat pada organisme yang meliputi proses kimia dan fisika
C. Proses pengolahan makanan dalam tubuh tanpa proses kimia dan fiika D. Hasil proses
pengolahan makanan dalam tubuh melalui proses kimia

6. Bacalah teks berikut
Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.
Ide pokok paragraf tersebut adalah .…
A. Panorama kupu-kupu
B. Bangunan Taman Kupu
C. Berbagai jenis kupu-kupu
D. Penangkaran kupu-kupu

7. Bacalah teks berikut
Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan.
B.Gerhana matahari merupakan fenomena alam tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.
C.Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada bagian tertentu.
D. Melihat langsung matahari saat gerhana matahari tidak menyebabkan kebutaan.

Itulah kiranya beberapa penggalan soal USBN Bahasa Indonesia kelas 9 K13.

Bank Soal Ujian berharap semoga ini bisa menjadi solusi dan referensi yang baik untuk adik-adik yang ingin belajar lebih menjawab soal latihan USBN Bahasa Indonesia, Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia K13 supaya nanti bisa dengan mudah menjawabnya.Semoga mendapatkan nilai yang memuaskan dan lulus untuk melanjutkan ke tingkat SMA, SMK, MA dan MAK. amiin.

Download Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013

Selengkapnya mengenai Isi dan Berkas file Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata Pelajaran bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, K13 atau Kurtilas tahun 2019 atau tahun Pelajaran 2018-2019 bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Rekomendasi Lainnya
1 kali dibagikan tidak merugikan anda
Thanks for reading Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019 dengan Kunci Jawaban

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar